Wednesday, March 23, 2016

Khasiat dan Manfaat Umbi Rumput Teki



Rumput teki memiliki bahasa latin Cyperus rotundus merupakan tumbuhan yang dapat hidup sepanjang tahun. Teki dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian antara 10-75 cm. Rumput teki merupakan tumbuhan liar yang mudah kita temui, biasanya tumbuh di kebun, ladang, sawah, pekarangan rumah, pinggir jalan, dan lahan-lahan kosong.

Manfaat dan khasiat rumput teki untuk kesehatan
  1. Teki bermanfaat untuk mengatasi rasa sakit dan demam
  2. Berdasarkan pada penelitian bahwa ektrak etanol yang didapat dari umbi teki ini dapat mengobati panas atau demam, hal ini setara dengan 6 kali lipat obat modern natrium salisilat. Dan untuk menghilangkan rasa sakit, setiap senyawa tripen IV B 5mg/kg BB dari ekstrak etanol umbi teki setara dengan 30 mg/kg BB mecit asam asetilsalisilat obat modern.Caranya :
  3. Ambil umbi teki secukupnya dan bersihkan, lalu iris ukuran sedang tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal, lalu keringkan irisan umbi tersebut dengan cara diangin-anginkan jangan terkena sinar matahari. Kemudian seduhlah 6-9 gram dari umbi tadi dengan air mendidih, tutup hingga agak dingin, kemudian diminum airnya tanpa ampasnya.
  4. Teki bermanfaat untuk memperlancar datang bulan pada wanita
  5. Datang bulan atau haid bagi wanita memang sudah menjadi rutinitas setiap bulan, namun ketika datang bulan banyak wanita yang tidak memiliki keluhan apa-apa, tetapi untuk sebagian orang banyak yang mengalami masalah ketika datang bulan, seperti rasa nyeri, tidak lancar dan lain-lain. Nah, untuk mengatasi masalah ini bisa mamanfaatkan tanaman teki sebagai obat tradisional untuk memperlancar datang bulan anda.Caranya :
  6. Ambil umbi teki secukupnya dan bersihkan, lalu iris ukuran sedang tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal, lalu keringkan irisan umbi tersebut dengan cara diangin-anginkan jangan terkena sinar matahari. Kemudian seduhlah 6-9 gram dari umbi tadi dengan air mendidih, tutup hingga agak dingin, kemudian diminum airnya tanpa ampasnya.
  7. Teki bermanfaat untuk memperlancar gangguan pencernaan
  8. Selain bermanfaat untuk mengatasi datang bulan tidak teratur pada wanita, teki dari dulu juga sudah dipercaya oleh banyak Negara seperti Mesir, India, Cina, Sudah sebagai obat tradisional untuk mengobati gangguan pencernaan seperti rasa mual dan nyeri pada lambung. Pemanfaatan rumput teki yang digunakan untuk memperlancar gangguan pencernaan telah dibuktikan secara tradisional dan ilmiah.Caranya :
  9. Aturannya seperti diatas, yaitu ambilah 3 gram serbuk umbi tadi yang sudah dikeringkan, lalu seduh dengan air mendidih, kemudian minum airnya. Lakukan setiap pagi sampai kondisi membaik.
Baca juga: Mandiri InHealth vs BPJS Kesehatan

Manfaat Lain dari Rumput Teki

Rumput teki selain digunakan untuk mengatasi keluhan di atas juga berkhasiat untuk untuk:
•    Memperlancar buang air kecil
•    Sebagai obat sakit perut
•    Sebagai obat pencuci anti keringat
•    Sebagai obat kumur untuk mengatasi penyakit mulut
•    Obat disentri
•    Obat cacingan
•    Obat anti kejang
•    Obat mencret
•    Dan borok

Perhatian
Berdasarkan penelitian bahwa ektrak dari umbi rumput teki (etanol) termasuk dalam profil toksinitas (racun) yang rendah. Efek samping rumput teki penggunaan pada penderita yang memiliki vital energi rendah harus berhati-hati. Dari beberapa kasus dijumpai terjadi sembelit dan penurunan tensi darah.

Itulah sedikit manfaat dan khasiat dari rumput teki yang selama ini dianggap sebagai tumbuhan liar, pengganggu sekaligus gulma, ternyata setelah diketahui rumput teki banyak membawa manfaat bagi kesehatan.
Load disqus comments

0 comments